Friday 12 April 2013

Menyoroti Pilgub Jateng di 15 Tahun KAMMI


                    Ada yang menarik di ulang tahun KAMMI ke 15 tahun ini (31 Maret 2013-red), pasalnya  di hari itu sedang panas-panasnya isu Pilgub Jateng yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 Mei 2013. Tentu saja KAMMI tak tinggal diam menyoroti itu, toh KAMMI punya Muslim Negarawan sebagai identitasnya. Di hari jadinya itu KAMMI memutuskan untuk menyosong kebenaran dengan menggelar aksi simpatik “PNS Netral Pilgub Jateng Bersih”. KAMMI KOMPAK merupakan salah satu Komisariat yang ikut berpartisipasi dalam aksi tersebut.
            Beberapa hal yang disoroti sebelum aksi ini berlangsung diantaranya: PNS adalah salah satu perangkat kepemerintahan yang seharusnya memiliki posisi netral dalam dinamika Pilgub Jateng ini, namun tak sedikit yang menjual netralitasnya demi sebuah praktik money politic. Keterlibatan PNS ini menjadi incaran Cagub Jateng dikarenakan juga karena sosialisasi Komisi Penyelelenggara Pemilu Daerah (KPUD) yang kurang gencar di kalangan masyarakat sendiri yang terbilang apatis, acuh tak acuh ataupun tidak mengetahui sama sekali agenda besar Jateng, sehingga membuat para calon mencari jalan-jalan pintas meraih masa. Terbukti Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Jawa Tengah mengadakan agenda penandatanganan pakta integritas terhadap PNS di lingkungan Pemprov Jateng, tetapi seluruh PNS Jateng tidak menghadiri dan menolak untuk penandatanganan pakta integritas tersebut. Ditambah lagi dengan agenda suap menyuap dari pasangan calon yang melibatkan rakyat kecil serta Black Campaign lainnya yang masih ditemukan merebak di sejumlah daerah di Jateng. 
            15 tahun KAMMI merupakan saksi akan aksi ini, dan KAMMI KOMPAK adalah salah satu pelaku sejarahnya, dengan 16 orang kader yang diturunkan untuk membantu berlangsungnya aksi yang dimulai dengan teatrikal dan ditutup penandatangan simpatik dengan  melibatkan masyarakat yang sedang melakukan aktivitas di kawasan Car Free Day, Simpang Lima saat itu. Berbagai atribut yang disiapkan oleh seluruh kader KAMMI KOMPAK di malam sebelumnya turut mengairahkan aksi, ditambah persiapan ruhiyah yang tak kalah menggelora di malam sebelumnya.
            Departemen Kastrat adalah koordinator yang mengurusi aksi dalam tubuh KAMMI, melalui aksi perdana dalam kepengurusan “Selihai Ikan Sekuat Karang” yang diusung KAMMI KOMPAK 2013 ini Departemen Kastrat berharap bahwa keterlibatan dalam aksi dapat menjadi sebuah bentuk semangat juang kader KAMMI KOMPAK dalam menyuarakan kebenaran dan bertindak sebagai kotak aspiratif masyarakat tanpa meninggalkan segala esensi dan tujuan dibalik semua aksi tersebut. Melalui Departemen Kastrat sebagai koordinator, KAMMI KOMPAK di aksi selanjutnya akan menjalankan rangkaian yang terdiri dari brainstorming, dilanjutkan dengan konsolidasi dan pencerdasan kemudian dieksekusi melalui sebuah aksi, yang pada aksi ini belum berjalan dengan optimal, semoga di aksi selanjutnya dapat berjalan lebih baik, kemudian kita buktikan dengan Real Action!



No comments:

Post a Comment