Tuesday 26 February 2013

KASTRAT (Kajian Strategis)

I. Deskripsi
          Jika dibaratkan Departemen Kajian Strategis (KaStrat) adalah ‘dapur’nya KAMMI, tempat dimana di’godok’nya sebuah bahan mentah menjadi sebuah sajian dengan berbagai macam rasa.. Bisa diartikan bahwa bahan mentah disini adalah data hasil riset dan fakta-fakta, serta sajian disini adalah kontrol sosial dan aksi nyata untuk menyikapinya, Melalui sebuah perumpamaan ini dapat diketahui bahwa KaStrat berperan dalam menciptakan suasana perpolitikan berbasis intelektual di tubuh KOMPAK sendiri dan FPIK beserta lembaga di dalamnya, dengan cakupan isu mulai dari tingkat kampus, nasional, internasional, keislaman serta yang tidak dilupakan adalah isu perikanan kelautan. Untuk periode kepengurusan KAMMI KOMPAK ini Departemen KaStrat memiliki 3 divisi yakni: Divisi Administrasi, Divisi Propaganda Opini dan Aksi, serta Divisi Kajian. Ketiga divisi disini dibentuk untuk merevitalisasi 4 fungsi mendasar KaStrat, yaitu: fungsi analisis isu, penyikapan isu, perencanaan strategi gerakan, serta pengembangan wacana intelektual.
      Siapakah kastraters (Kader KaStrat-red) itu? berbicara sosok seorang KaStraters, pada intinya, seorang KaStaters menganggap bahwa strategi dan taktik hanya instrumen dari pencapaian tujuan dan cita-cita gerakan, tidak menjadikan instrumen tersebut sebagai tujuan, meminjam istilah Dahlan Ranuwiharjo, jadilah seorang 'pejuang paripurna' yang selesai dengan IMAN dan ILMU sebelum AMAL, itulah seorang KaStraters.

II. Visi
     “Mewujudkan kader KAMMI KOMPAK sebagai pelaku social control yang cerdas kritis sebelum beraksi, solutif kontributif ketika beraksi, evaluatif progresif setelah beraksi”

III. Misi
     · Mengembangkan kemampuan dan wawasan siyasiah kader
     · Menghidupkan diskusi dan pencerdasan politik lingkup internal dan eksternak KAMMI KOMPAK
     · Merintis kastrat sebagai rujukan strategi gerakan di lingkup FPIK khususnya

IV. Proker
    · Target Internal KaStrat:
   1. KRUSIAL (Diskusi Seru Internal)
   2. Syuting (Syuro' Penting)

  · Target Internal KomSat:
  1. Dekat (Debat KaStrat)
  2. Rangkaian KOMPAK Ber-Aksi (Brainstorming-Konsolidasi-Aksi-Evaluasi)
  3. TAKSI (Training Aksi)

  · Target Eksternal:
  1. KULKAS (Kuliah KaStrat)
  2. POROS (Propaganda Opini dan Rekayasa Sosial)

No comments:

Post a Comment